Tuesday, October 26, 2010

Manusia Sukses Dalam Islam

Allah swt berfirman dalam Al Qur’an surat al-Mu'minunun ayat 1-11 mengedepankan 5 persyaratan bagi diperolehnya keberuntungan dan kesuksesan oleh seorang mukmin. adapun 5 kriteria itu adalah:

1. orang yang khusu dalam sholat

sholat merupakan komunikasi seorang hamba dengan Tuhannya, tempat mengadu dan selalu memohon harapan, dan jalur mendekatkan diri kepada Sang Pencipta yang dapat memberikan jalan setiap
problem kehidupan.

2. menjauhkan diri dari perbuatan tidak berguna

orang yang rajin beramal sholeh, sedikit bicara banyak bekerja, ulet, tangguh dan bersungguh-sungguh untuk mencari nafkah dengan ilmu, sehingga tenaga akan lebih benyak mendapatkan peluang sukses secara materil.

3. mengeluarkan zakat

mukmin yang memiliki ciri sukses sangat merasa bahwa apa yang dinikmati dalam hidupnya adalah merupakan pemberian dan rahmat Allah, karena itu mukmin yang sukses tidak pernah membuat perhitungan kalau memang diperintahkan mensyukuri nikmat-Nya, serta gemar menyisihkan hartanya sebagai budaya diri, dimana hartanya dizakati, diinfakkan dan disedekahkan.

4. memelihara farajnya kecuali terhadap istrinya

orang yangmampu meredam hawa nafsu dan melawan rayuan syetan di dalam qalbu dan menguapayakan nilai-nilai moral sejauh kemampuan yang ada pada dirinya. karena itu Allah mengaturnya dengan pernikahan, mukmin yang beruntung dalam usaha juga dibarengai kesuksesan dalam rumah tangga, bahkan kesuksesan seorang mukmin di gambarkan oleh Allah dalam Al qur’an sebagai pewaris surga yang sekaligus pemenang di dunia dan akhirat.

5. memelihara amanah dan janji

mukmin sukses ialah yang memelihara amanah, amanah terhadap tugas yang diterima, manah terhadap janji, manah terhadap kepercayaan yang diberikan orang lain. amanah merupakan pilar utama menuju sukses.

akan tetapi 5 hal yang dikemukakkan tersebut mempunyai implikasi yang amat jauh terciptanya pemberdayaan sumber daya manusia yang potensial untuk mencapai kesuksesan baik dunia maupun di akhirat.

from: Islamic business strategy for entrepreneurship oleh  tim multi tama comunication

KUNNNNNNNNNNNNNNNNNNN

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment